14 September 2009

LOVE YOUR EARTH!(chap. 4, tips melindungi bumi)

seperti yang telah di jelaskan di chap-chap sebelumnya, kita membahas LOVE YOUR EARTH!. kini, di chap 4 membahas:

                                         "TIPS MELINDUNGI BUMI"

TIPS SEDERHANA MENYELAMATKAN BUMI Oct 19, '07 12:36 AM


for everyone



Kamu gak perlu ikut menjadi aktivis Greenpeace atau apa pun itu demi menjadi seoramg pencinta lingkungan. Disaat pemanasan global kian menggila, polusi merajalela, cuaca tak beraturan seperti sekarang, memang selayaknya setiap orang menjadi pecinta lingkungan.



Bagaimana caranya? Mudah saja, ini ada 10 tips dari LiveScience untuk melindungi bumi dari kehancuran. Semuanya adalah cara-cara sederhana yang dapat kita lakukan mulai dari hari ini.



1. GUNAKAN BOLA LAMPU JENIS FLUROSEN

Walaupun lampu ini terbilang mahal, tapi daya tahannya 10x lipat lebih lama dan pastinya hemat energi.Dengan menggunakan lampu jenis ini dalam setahun kita sudah mengurangi produksi karbondioksida hingga 500pon (setara dengan polusi yang dihasilkan 17 mobil dijalan raya selama satu tahun)



2. HEMAT LISTRIK DI RUMAH

Padamkan lampu di siang hari, Matikan AC ketika ruangan tak dihuni,asal tau saja rata2 tiap rumah menghasilkan emisi gas rumah kaca 2xlipat drpd sebuah mobil.



3. JANGAN GUNAKAN PLASTIK

Sebisa mungkin kurangi penggunaan plastik, Tas plastik memang banyak dipakai pasar swalayan arau tradisional dalam mengemas belanjaan. Ada baiknya kita membawa kantongan sendiri yang terbuat dari bahan kain atau kertas dan menolak secara halus tas plastik dari penjual.Mengapa? Plastik bukan bahan yang dapat hancur dengan sendirinya di pembuangan sampah. Sejumlah kandungan dalam bahan tersebut justru merusak kesuburan hayati tanah.



4. MAKSIMALKAN PENGGUNAAN KERTAS

Janganlah terlalu boros menggunakan kertas, karena kertas yang kita pakai telah sukses menggunduli hutan akibat perusahaan kertas telah menebang pohon-pohon sebagai bahan dasar pembuatan kertas.



5. BELI PRODUK LOKAL

Hentikan membeli produk pangan impor. Dengan mengkonsumsi apa yang ada di dekat kita, maka kita telah berperan mengurangi polusi dan pemborosan energi. Mengapa harus mengimpor daging sapi dari Australia jika sapi lokal tak kalah lezatnya, bayangkan berapa energi yang dihabiskan dan polusi yang dihasilkan dr sekedar mendatangkan sosis eropa ke meja makan anda.



6. PRAKTIKKAN PRINSIP 3 R ( REDUCE, REUSE, RECYCLE)

Kurangi konsumsi, gunakan kembali barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan, dan daur ulang bahan tertentu.



7. BUNUH PRODUK PENGHISAP LISTRIK

Tanpa disadari kita terus menerus membeli dan menggunakan produk yang menghamburkan energi. Televisi adalah salah satunya.Tanpa sadar sebuah keluarga kerap meyalakan TV tanpa henti 24jam walau tidak ditonton. Begitu juga komputer,DVD, dan charger ponsel yang terus terhubung kecolokan listrik.



8.KURANGI PEMAKAIAN BAHAN KIMIA

Bahan kimia bukanlah bahan alami dan tak dapat lebur dengan sendirinya. Pestisida, obat nyamuk dan sejumlah bahan pembersih ruangan mengandung aneka kompojnen kimia yang tanpa sadar terhirup seumur hidup kita.Maksimalkan mengkonsumsi bahan alami dan sayuran2.



9.HIJAUKAN RUMAH ANDA.

Banyak diantara kita yang mengaku cinta lingkungan, cinta penghijauan, namun faktanya nyaris tak pernah menanam apapun dihalaman rumahnya.Oke jika anda tak punya halaman rumah.Setidaknya usahakan anda memberi kesempatan bagi tumbuhan untuk hidup disekitar anda.







--stopglobalwarming--


itu tadi artikel dari www.sipoerba.multiply.com/journal/item/2


Tips Sederhana Selamatkan Bumi…Dari KantoR


Posted by Anggraini Karimuddin under Go Green

Leave a Comment

Tidak perlu ikut menjadi aktivis Greenpeace atau apapun itu demi menjadi seorang pecinta lingkungan. Di saat pemanasan global kian menggila, polusi merajalela, cuaca tak beraturan seperti sekarang, memang selayaknya setiap orang menjadi pecinta lingkungan. Bagaimana caranya? Mudah saja. Berikut LiveScience memberi tips melindungi bumi dari kehancuran. Semuanya adalah cara-cara sederhana yang dapat kita mulai dari hari ini dan dari kantor kita.



Tips #1

Reduce, Reuse, Recycle



Konsumsi barang-barang yang diperlukan saja, gunakan kembali barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan, dan daur ulang bahan tertentu. Kalau di kantor, kita bisa menggunakan kertas bekas yang tidak terpakai untuk menge-print ataupun meng-copy, disisi sebaliknya. Mudah dan sederhana kan?



Tips #2

Maksimalkan penggunaan komputer



Memang di era kini sudah jarang orang berkirim surat melalui pos. Tapi jangan salah, masih banyak perkantoran maupun pribadi yang lebih suka menyimpan dokumen atau surat-surat secara tradisional, yakni dengan dicetak di atas kertas. Memang ada beberapa surat berharga yang tak bisa tergantikan dengan surat elektronik. Namun selama sebuah dokumen dapat disimpan secara elektronik di komputer, usahakan lakukan itu. Asal tahu saja, kertas yang kita pakai telah sukses menggunduli hutan akibat perusahaan kertas telah menebang pohon-pohon sebagai bahan dasarnya. Tapi jangan lupa matikan komputer apabila sudah selesai menggunakan.



Tips #3

Hemat listrik di kantor



Petuah klasik yang tak pernah ketinggalan zaman. Justru kian lama petuah ini kian dibutuhkan realisasinya, bukan sekadar teori. Padamkan lampu dan peralatan elektronik di ruangan kerja saat tidak digunakan. Memang biaya listrik kita telah dibayar oleh kantor, namun bukan berarti kita bisa seenaknya memakai listrik kan. Lagipula apabila kita berhemat listrik, biaya listrik kantor bisa diefisienkan dan dimaksimalkan untuk peningkatan kualitas SDM-nya.



------------------------------------------------------------------------------------------------------------

sekian dari saya. wah, padahal saya nyusun dan mengopi paste ini sudah berhari2. cuma baru saya posting hari ini 4 chap. sekaligus.

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment is my inspiration...
Please, komen sejujurnya...????!!!

Cari Blog Ini